Rabu, 28 Desember 2011

3DSMAX TUTORIAL MEMBUAT KAKI CARTOON

Modeling Kaki Cartoon
Publish: 19 Feb 2010 | Author & Copyright: Aditya, ST | FREE Proffesional tutorial 3DS MAX

Hi! Saatnya kita mulai masuk untuk membuat modeling character 3d (3d character modeling) dengan focus pembuatan kaki character cartoon. Kita akan membuatnya dengan teknik Poygonal Modeling, yaitu membuat objek baru (berupa character modeling) dengan menggunakan objek dasar sebuah bentuk Box (kotak). Prinsipnya sama seperti Anda memahat sebuah patung dari sebuah batu atau dari bahan sebuah sabun cuci misalnya. Atau seperti Anda membentuk sebuah objek baru dari bahan seonggok tanah liat. Bedanya, disini Anda membuatnya secara digital.

Disini dibutuhkan proses latihan yang rajin, terus-menerus, trial & error serta tekun dan gigih untuk mendapatkan “sense” dan “feeling” terhadap komposisi bentuk yang diinginkan nantinya.

Langkah - Langkahnya:

1. Buat sebuah Box dengan komposisi seperti tampak pada gambar dibawah.
3dsmax


2. Pada Tab Modify, atur dengan parameter seperti pada gambar
3dsmax


3. Masih di Tab Modify, klik objek Box tersebut lalu klik kanan mouse dan pilih Editable Poly.
3dsmax


4. Buka tanda plus berwarna hitam disebelah tulisan Editable Poly
3dsmax


5. Pilih Viewport Front (atau Viewport pada tampilan layer computer Anda yang menampilkan posisi objek seperti tampak pada gambar dibawah). Ubah posisi Vertex-vertex-nya seperti tampak pada gambar dibawah
3dsmax


6. Atur juga posisi Vertex-vertex yang lainnya seperti gambar dibawah
3dsmax


6. Pilih opsi Edge
3dsmax


8. Pilih garis dibagian tengah, seperti yang terlihat pada gambar dibawah
3dsmax


9. Klik kotak kecil disamping tombol Connect
3dsmax


10. Biarkan pilihan pada angka 1 dan klik tombol OK
3dsmax


11. Akan terbuat sebuah garis baru (seperti tampak pada gambar).
3dsmax


12. Pilih opsi Vertex dan atur objek Box menjadi seperti tampak pada gambar.
3dsmax


13. Pilih garis-garis seperti terlihat pada gambar
3dsmax


14. Lakukan pilihan Connect kembali dengan nilai 1
3dsmax


15. Atur Vertex-vertex Box menjadi seperti berikut
3dsmax


16. Buat kembali garis baru dengan posisi seperti terlihat pada gambar
3dsmax


17. Pilih Vertex-vertex seperti tampak pada gambar
3dsmax


18. Klik tombol Select and Scale
3dsmax


19. Geser sehingga bentuknya menjadi seperti berikut
3dsmax


20. Atur bentuk objek seperti tampak pada gambar
3dsmax


21. Atur kembali posisi Vertex-vertex-nya sehingga menjadi seperti terlihat pada gambar
3dsmax


22. Diperlukan kreasi dan “feeling” Anda terhadap komposisi bentuk untuk mendapat hasil akhir sebuah bentuk yang tampak ideal. Anda perlu melakukan proses latihan yang terus menerus untuk mendapatkan “feeling” dan “sense” yang tepat bagi Anda
3dsmax


23. Setelah diutak-atik Vertex-vertex-nya kesana kemari (tweaking), dihasilkan sebuah bentuk seperti pada gambar berikut
3dsmax


24. Tambahkan Modifier Meshsmooth pada objek Box tersebut. Berikan nilai 2
3dsmax


25. Tambahkan dengan pencahayaan Skylight & Light Tracer, lalu lakukan Render. Selamat Berlatih
3dsmax
Kaki siapa ya ini? hehehe...
(Anda juga dapat mengatur ketinggian dari masing-masing huruf dengan ketinggian yang berbeda-beda untuk mendapatkan komposisi yang lebih menarik. Untuk membuat efek bintang-bintang malam hari seperti tampak pada gambar diatas, akan dijelaskan pada tutorial selanjutnya).

Selamat mencoba dan Teruslah Belajar 3DS MAX
Tutorial ini diarsipkan dalam ilmuGRAFIS kategori Tutorial 3DS MAX
Semoga Bermanfaat...


SUMBER: http://www.ilmugrafis.com/3dmax-studio.php?page=modeling-kaki-cartoon

TUTORIAL 3DSMAX

3D ANIMASI dan ARSITEKTUR KATEGORI: 3ds Max Studio
Tutorial dan Belajar 3DS Max Mulai tingkat dasar hingga mahir dengan bahasa Indonesia

3dsMAX Tutorial Collections - by ilmugrafis and Sukarelawan Grafis - Gratis -

PAGE 3
+ Navigation: Preview Page 3 [ To Preview All Tutorial at Page 3 ]

Modeling Kaki Cartoon

Neon SIGN Happy New Year

Ada Salju Di ilmugrafis

MODELING BANGKU KECIL

WARNA - WARNI Lampu NEON

ilmuGRAFIS SUPER SOCCER

Efek Volume Light 3D - Sorot Lampu

Membuat Neon Sign



PAGE 2
+ Navigation: Preview Page 2 [ To Preview All Tutorial at Page 2 ]

Membuat Pensil 3 Dimensi

Manfaat Yang Bisa Dibuat Dengan 3D

Bikin Cahaya 3D Lampu-mu Sendiri

Bikin Rumput 3 Dimensi

Membuat Kabut Pada Scene

Boolean VS Proboolean

Membuat Ketebalan Suatu Permukaan yang Mengikuti Arah Garis

Membuat Material Berpendar

Meshsmooth VS Turbosmooth

Menggabungkan Object 3D dengan Foto


PAGE 1
+ Navigation: Preview Page 1 [ To Preview All Tutorial at Page 1 ]

Membuat Background di 3dsMAX

Menghapus Object - Object yang Teranimasi

Membuat Pencahayaan Global Illumination (GI)

Membuat dan Menambahkan Background pada Viewport

Membuat Pigura dan Bingkai Lukisan atau Foto

Membuat Sendiri Background Awan Dengan 3DS MAX

Mengoptimalkan Jumlah Titik Pada Object 3 Dimensi

Keunggulan dan Feature 3D Animation Dengan 3ds Max

Melakukan Pembatalan Perubahan Arah Pandang Viewport

Merubah Tampilan Layout 3d MAX

Selasa, 27 Desember 2011

KELEBIHAN 3DSMAX

Berikut sebahagian besar dari beberapa hal yang bisa dibuat dengan 3D.


1. Architecture Design
architecture
Jika Anda seorang Arsitek, maka 3D akan sangat membantu Anda dalam menuangkan ide-ide kreatif design dengan sangat cepat dan mudah. Berbeda bila hanya mengandalkan kemampuan konvensional seperti sketsa yang mempunyai keterbatasan dalam memandang ke view 3 dimensi, maka dengan 3D Anda akan dapat melihat bentuk rancangan bangunan Anda dari segala sisi pandangan. Disamping itu dengan 3D, Anda akan dapat memberikan texture maupun lighting menyerupai seperti kondisi aslinya kelak bangunan tersebut terbangun, sehingga akan mudah bagi Client Anda untuk mengerti dan memahami design yang Anda buat. Jika Anda bukan Arsitek pun, tidak usah kuatir, skill 3D yang Anda miliki dapat menjadikan Anda sebagai seorang Visualizer yang dapat menjadi pendamping bagi seorang Arsitek dalam membuat visual bangunan yang akan dirancang.


2. Interior Design

Sama halnya seperti Arsitek, designer Interior pun juga akan sangat terbantu dengan teknologi 3D. Sebagai seorang Visualizer pun, Anda dapat menjadi pendamping dari seorang sang designer Interior dalam menvisualkan rancangan ruang-ruang yang akan diwujudkan nantinya. Dengan 3D, setiap ruang yang dirancang akan dapat divisualkan mendekati ruang yang sebenarnya. Layaknya bermain game the Sims, Anda dapat menata furniture, elemen dekoratif interior lainnya seperti lukisan, foto, patung dan lainnya dengan sangat leluasa dan mudah.


3. Landscape Design

Dalam mewujudkan design landscape pun, baik Anda seorang Arsitek Landscape ataupun Visualizer, 3D akan mampu menvisualkan secara jelas dan detail sekalipun. Penataan kontur tanah, vegetasi, perkerasan, gazebo, kolam maupun elemen landscape yang lainnya, akan membuat pekerjaan design Anda menjadi mudah dan menyenangkan.


4. Cartoon Design

Kalau dulu kartun (cartoon) dibuat dengan sketsa tangan lalu meningkat ke aplikasi software 2D, sekarang kartun menapaki era baru dengan teknologi 3D. Trend ini semakin meningkat, dikarenakan dengan 3D, cartoon akan semakin tampak hidup dan nyata, beratraksi menghibur penonton yang melihatnya. Aplikasi 3D saat ini, sudah semakin memudahkan para designer dan animator, bahkan yang pemula sekalipun untuk membuat kartun 3D, karena sudah banyak fitur-fitur penunjang pembuat kartun yang disediakan oleh setiap aplikasi 3D.


5. Logo Design

Tidak hanya cartoon, design dan animasi logo pun saat ini sudah memasuki era 3D. Artinya, logo-logo saat ini sudah banyak yang ditampilkan dengan bentuk dan tampilan real 3D. Sehingga logo terlihat lebih hidup, menarik dan tampil lebih memikat. Aplikasinya dapat dijumpai dibanyak hal, seperti : dibidang broadcast/tv, advertising, perkantoran, industri, branding/merk, percetakan, dan sebagainya. Intinya setiap perusahaan (company) dan juga produk-produk sangat membutuhkan logo sebagai citra visual mereka dan 3D merupakan solusi tepat dalam menvisualkannya.


6. Stage Design

Design panggung (stage), biasanya banyak diperuntukkan untuk event-event besar seperti : pernikahan (wedding), pameran, expo, seminar, workshop, symposium, workshop, pelatihan, peresmian (launching), dan lain sebagainya. Event-event tersebut sangat membutuhkan keberadaan panggung sebagai sarana utama maupun pendukungnya. Sehingga tentu membutuhkan sebuah design panggung yang bagus dan menarik yang akan menunjang bagi suksesnya sebuah event/acara yang digelar. Terlebih bila event/acara tersebut menghadirkan tokoh-tokoh penting semisal : pejabat negara, pejabat daerah, tamu asing (expat), selebriti, tokoh masyarakat ,dan sebagainya. Dengan demikian, visualisasi 3D menjadi sangat penting dan dibutuhkan dalam menampilkan output design stage yang optimal.


7. Product Design

Product design, mencakup berbagai barang seperti : product industri, pecah belah, mainan, computer/it, alat komunikasi dan sebagainya, telah menjadikan 3D sebagai standar dalam menvisualkan design terbaru dari setiap produk yang akan dirilis dipasaran. Ambil contoh misalkan : sebuah perusahaan pembuat laptop yang akan mengeluarkan sebuah design laptop terbaru, maka bentuk design, material, tampilannya akan terlebih dahulu diwujudkan dengan media 3D. Sehingga bila telah ok dan disetujui, tinggal dibuat kedalam manufakturnya. Ini tentu saja akan menghemat cost anggaran disamping juga dapat menghemat waktu dan tenaga produksi.


8. Stand Design

Design stand biasanya berkorelasi dan berhubungan dekat dengan sebuah event, walaupun tidak semua event menampilkan stand. Untuk event-event besar yang juga menampilkan stand, umumnya akan membutuhkan 3D dalam menvisualkan bentuk dan design stand yang menarik dan tampil bagus nantinya


9. Game Design
game
Saat ini hampir semua game sudah ditampilkan dalam bentuk 3D. Ini dimaksudkan agar game dapat tampil lebih atraktif, hidup dan memikat hati para gamer. Dengan 3D, para gamer akan mendapatkan sensasi bermain game yang luar biasa, yang berdampak pada semakin meningkatnya minat, animo maupun antusiasme dalam memainkan game.


10. Furniture Design

Dibidang furniture design sudah banyak yang menggunakan teknologi 3D dalam merancang dan menampilkan bentuk dari suatu design furniture terbaru. Pembuatan design yang detail dan rumit sekalipun dapat diselesaikan dengan pendekatan aplikasi 3D. Begitu juga dengan penerapan material yang dapat mendekati material aslinya sehingga design akan tampil lebih real dan hidup.
Selamat mencoba.
Tutorial ini diarsipkan di ilmugrafis pada kategori 3DS Max
Semoga bermanfaat. Salam.

Share URL Share the URL of this Tutorial in IM, Email or post in forums

* Klik Link, copy (ctrl + c) dan paste (ctrl + v)
image of ilmugrafis

<> Info dan Kontak Penulis
author Aditya, ST
Tentang Penulis : Lahir di Medan, 6 September 1978, aktif menulis beberapa buku diantaranya Photoshop Magic (Mediakita), Trik Dahsyat menjadi Animator 3D andal (Penerbit Andi), Cara Cepat Menguasai 3DS Max (Mediakita). Dan menjadi pengajar di berbagai seminar serta lembaga pendidikan DreamARCH Animation di Medan. Hobbi nonton Film dan membuat animasi.
Motto : Sharing-lah ilmu biar makin maju!

Penulis dapat dihubungi via:
YM : aditya_dreamarch
Telp : (061) 8469276 / 0819 600 8245
Email : adityalee@lycosmail.com

Saya (Penulis) bersedia mematuhi ketentuan dan peraturan di IG
- Tutorial / Artikel ini resmi saya diberikan untuk dipublikasikan di www.ilmugrafis.com
- Kritik, Saran, maupun Pertanyaan seputar Tutorial bisa menghubungi Penulis
Semoga Bermanfaat, Terima kasih

Pengaruh Blender

Pengaruh software Blender terhadap bisnis studio animasi 3D skala nasional dan internasional

Blender
Blender
Bisnis Film Animasi 3D sudah mulai marak di Indonesia sejak tahun 2000. Home Land adalah film animasi 3 dimensi nasional pertama yang diluncurkan ke publik. Semenjak itu, bisnis animasi 3D di Indonesia mulai berkembang. Studio-studio animasi mulai muncul dan saling bersaing untuk menghasilkan karya 3D yang indah. Dibalik berdirinya studio animasi terdapat suatu masalah yaitu harga software. Harga perangkat lunak untuk menciptakan animasi 3D ternyata relatif mahal. Sebagai gambaran, software pengolah 3D seperti maya, dipatok dengan harga $474 di situs ebay . Lalu bagaimanakah startup company yang memiliki keterbatasan modal dalam mengatasi masalah ini? Apakah mahalnya software ini juga pernah dialami oleh studio animasi berskala dunia?
big buck bunny
big buck bunny
Penjelasan awal adalah Blender yang menjadi solusi dalam mahalnya harga software pengolah animasi 3D.Blender merupakan software open source untuk pengolah animasi 3D. Software ini memiliki keunggulan seperti software-software pengolah 3D lainnya. Pembuktian dari keunggulan Blender sering dipertanyakan oleh banyak pihak. Film animasi 3D berjudul "Big Buck Bunny" yang rilis tanggal 30 Mei 2008 menjadi jawaban atas keunggulan software open source ini.
big buck bunny
big buck bunny
Film ini menayangkan tentang kelinci besar melawan tiga tupai. Durasi film 3D ini berjalan hampir 10 menit. Keindahan dan texture 3D yang halus menunjukkan kinerja yang maksimal dengan software Blender. Film ini memberikan bukti bahwa software blender dapat digunakan untuk produksi. Selain itu, Blender juga dilengkapi dengan dokumentasi yang lengkap, gratis serta dapat mudah dicari di internet.
big buck bunny
big buck bunny
Menuju pandangan bisnis. Pixar merupakan studio animasi terkenal yang dimiliki oleh Steve jobs. Banyak pengamat dan pebisnis studio animasi 3D yang berusaha menjadikan Pixar sebagai parameternya. Dibalik kesuksesan Pixar ternyata terdapat kisah yang menarik. Dalam artikel "How To Turn 10 Million Into 7 Billion: A Brief History Of Pixar" ditunjukkan bahwa LucasFilm mengalami masalah ekonomi dan terpaksa harus menjual aset-asetnya. Lucasfilm terpaksa menjual komputer dan software untuk menutupi biaya inking dan painting. Tentu yang menjadi pertanyaan adalah berapakah harga software yang dijual tersebut? Bisa jadi ratusan juta rupiah bahkan lebih!
Ini tentu bisa menjadi pelajaran yang berharga. Bahwa, studio 3D professional harus mengeluarkan banyak biaya untuk membeli software. Kata 'harus' hanya berlaku pada saat era 80-90an. Mengapa? karena pada tahun-tahun tersebut, software open source pengolah animasi 3D masih belum ada. Lalu bagaimana dengan sekarang? Studio profesional dihadapkan pada dua pilihan, yaitu :
Pertama, membeli software proprietary yang mahal. Software pengolah animasi 3D seperti maya atau 3D max memiliki harga yang cukup mahal. Hal lainnya adalah software 3D tersebut hanya berjalan pada sistem proprietary seperti Windows. Sehingga bila dijumlahkan maka kebutuhannya adalah membeli software dan sistem operasinya.
Kedua, menggunakan software Blender. Software ini dapat berjalan pada Windows maupun Linux. Penawaran ini jarang didapatkan dibandingkan software proprietary. Selain lintas platform, bila Blender dijalankan pada OS Linux tentu akan semakin menghemat biaya.
Apakah ini hanya sebatas teori belaka? Apakah ada studio skala internasional yang menggunakan Blender? EDM Studio adalah contoh studio animasi 3D yang menggunakan software Blender dalam produksinya. Dalam artikel EDM Studio - Professionals Using Blender. Berikut potongan artikelnya :

We use Blender extensively. The reasons are three-fold. First and foremost, Blender is a really good piece of software (an assessment based on our varied experience with a raft of other professional packages such as Houdini and 3D Studio Max). Next, Blender is open- source; this gives us access to the code internals (and the resultant ability to make changes and apply patches as needed) plus access to a vibrant and supportive online community. Finally, Blender has adopted Python as its internal scripting language, and python is our small studio's "secret" weapon - both for rapid prototyping, production systems, and as a general-purpose software glue.

Blender played a major role in our recent Eidophusikon project, a cultural history installation that combines a miniature physical recreation of an 18th century animated diorama along with a "behind the scenes" virtual view. This latter 3D view was done completely in Blender using two virtual cameras to render perspective-correct left and right eye movies. Playback was via 2 stacked DLP projectors onto a rear projection screen using Infitec passive 3D technology (projector filters + viewer glasses). As our deadline loomed, final rendering of the combined 7600 left and right eye movies was done on a 150 node Linux cluster. Thankfully, Blender comes with 'infinite' render licenses (laugh).


Go Open Source!
Go Open Source!
Sekarang sudah semakin jelas tentang masalah dan pembuktian tentang software Blender didalam bisnis. Dengan open source, studio dapat menghasilkan produk dengan harga mahal namun biaya pembuatan yang minimal. Selain itu, produk yang dihasilkan dengan open source akan menjadi branding yang bagus. Legal dan berkualitas tentunya output yang diharapkan dari penggunaan software open source. Pada akhirnya ketika seorang bertanya dimanakah mendapatkan produk animasi 3D yang dibuat dengan software legal? Studio Animasi dengan Open Source adalah jawaban pertama!

Kelebihan blender

Tools Animasi 3D - Blender 3D

Blender 3D


Blender 3D adalah sebuah program yg biasanya digunakan untuk membuat animasi 3D software ini bersifat opensource, maksud opensource ini blender dapat di gunakan secara bebas dan dapat dikembangkan lalu didistribusikan kembali dan bersifat Legal.

Pada Belnder mepunyai fitur-fitur tersendri. fitur-fitur tersebut diantaranya sebagai berikut :

  • interface yang user friendly dan tertata rapi.
  • Tool yang dapat membuat objek 3D yang lengkap meliputi modeling, UV mapping,texturing,rigging, skinning, animasi, particle dan simulasi lainnya, scripting,
  • Dapat digunakan untuk semua versi windows, Linux, OS X, FreeBSD, Irix, Sun dan sistem operasi yang lainnya.
  • Mempunyai kualitas arsitektur 3D yang lebih berkualitas dan bisa dikerjakan dengan lebih cepat dan efisien.
  • Mempunyai Dukungan yang aktif melalui forum dan komunitas.
  • File yang berukuran Berukuran kecil.
  • Free (gratis)^^.

Blender pun merupakan program Modeling 3D dan Animation, namun Blender mempunyai suatu kelebihan tersendiri dibanding program modeling 3D lainnya. Kelebihan Blender adalah dapat membuat sebuah game tanpa menggunakan program tambahan lainnya, karena Blender sudah memiliki Game Engine.


Sampai saat ini Blender sudah mengeluarkan versi yang terbarunya, yaitu Versi 2.49 yang lebih dikhusus kan untuk pembuatan game. Dikarenakan versi ini memiliki fitur-fitur baru yang dirancang untuk membuat tampilan game yang terlihat seperti nyata.

Dalam Blender 2.49 memiliki fitur baru Diantaranya:

Bullet SoftBody
Game Logic
Material
Multilayer Textures
Render Baking dan Normal Mapping
Video Texture
Real-time GLSL
Python Editor
Physics
dan lain – lain.



SELAMAT DATANG DI BLOGGER JOSHUA RENDI ANIMASI

Pengikut